Tes Cepat Covid-19 di Jakarta Selatan Tembus 4.000 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan mencatat sebanyak 4.000 orang di wilayah tersebut telah menjalani tes cepat atau rapid test Covid-19 hingga Selasa malam.

"Tes cepat di Jaksel sampai kemarin, hampir 4.000 orang dan dengan hari ini angkanya 4.000 sudah terlampaui," kata Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Helmi menjelaskan, pelaksanaan tes cepat di wilayah Jakarta Selatan telah berjalan sejak Jumat 20 Maret lalu, setelah Presiden Joko Widodo menyatakan untuk melaksanakan tes cepat terlebih dahulu di wilayah Jakarta Selatan.

Tes cepat ini menggunakan metode pengambilan sampel darah tepi whole blood untuk memeriksa apakah ada pembentukan imunoglobulin (Ig) pada orang yang diperiksa atau tidak.

Pemeriksaan dilakukan dengan mendatangi mereka yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Tes cepat secara door to door pada ODP atau PDP kontak erat positif dan petugas kesehatan," kata Helmi.

Selain mendatangi rumah ke rumah, tes cepat juga dilakukan orang-orang yang mendatangi fasilitas kesehatan.

"Dari hasil tes cepat tersebut, 35 orang positif," kata Helmi seperti dikutip Antara.

 

Diperiksa Ulang dengan PCR

Mereka yang dinyatakan positif, lanjut Helmi, diperiksa ulang dengan PCR (polymerase chain reaction).

"Dilakukan isolasi dan dirujuk ke rumah sakit, dilihat kasus per kasus jika gejala buruk tentu harus dirawat," kata Helmi.

Sementara itu, hingga Selasa malam, data dalam situs corona.jakarta.go.id menunjukkan sebanyak 741 kasus positif Covid-19 berada di Jakarta, dengan rincian 451 orang dirawat intensif, 157 orang menjalani isolasi mandiri, 49 orang sembuh, dan 84 orang meninggal dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:



from Liputan6 RSS https://ift.tt/2WZz7Bm

Comments